Senin , 28 September 2020
Home / Maskot

Maskot

DEMOKRASI TARSIUS SPECTRUM

Karakter maskot merupakan personifikasi kartunal dari hewan endemik Tarsius Spectrum yang ada di cagar alam Tangkoko Batuangus di Kota Bitung. Nama Si Tarum merupakan akronim dari Demokrasi Tarsius Spectrum.

Tarsius adalah primata terkecil yang bermata besar dan tajam. Ini memberi inspirasi untuk mengedukasi pemilih dan masyarakat luas dengan memperkenalkan nilai-nilai pemilu, sehingga nantinya memberi pandangan yang luas dan jelas tentang pentingnya pemilu sebagai wujud kedaulatan pemilih dalam demokrasi.

Tarsius memiliki kepala yang mampu berputar hingga 180 derajat. Ini menjadi simbol dari pemilu yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sekaligus menanamkan kesadaran untuk berperan aktif dalam menentukan masa depan dengan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah Bitung 2020.

Tarsius dapat bergerak cepat dengan lompatan yang jauh. Ini memberi makna bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Bitung 2020 diharapkan menghasilkan pemimpin yang berkarakter dan berkualitas. Pemimpin yang cepat membawa kemajuan dan kemakmuran untuk Kota Bitung.

Tarsius mampu menggenggam dengan kedua tangannya secara sempurna dan mencengkeram kuat dengan kedua kakinya. Ini menjadi gambaran dari tingkat partisipasi pemilih yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya akan menciptakan legitimasi yang kuat pada hasil Pemilihan Kepala Daerah Bitung 2020.

UNSUR LOKAL

Karakter Si Tarum menggunkan pakaian adat adat Minahasa, tonaas wangko. Pakaian dan celana hitam sebagai simbol dari karakter yang berintegritas. Penutup kepala berwarna merah sebagai simbol dari karakter yang berani dan tegas. Selempang yang mengikat pinggang sebagai simbol dari karakter yang mempersatukan semua elemen masyarakat. Kancing warna putih sebagai simbol dari karakter yang bersih dan ikhlas.

GESTURE DAN POSE

Karakter Si Tarum yang dominan pada mata yang besar dan tajam, memberi gambaran sebagai karakter yang mampu melihat secara jernih dan menyeluruh.

Wajah Si Tarum yang tersenyum, menunjukan sifat yang ramah dan gembira. Ini sebagai representasi dari pesta demokrasi yang aman, damai dan membawa kegembiraan bagi masyarakat.

Pose Si Tarum yang sedang melangkah ke depan, memberi makna ajakan untuk berperan aktif dalam pemilu dengan menggunakan hak pilihnya sebagai solusi untuk menjadikan Kota Bitung lebih maju dan makmur.

FILOSOFI WARNA

Oranye : Netral dan Non Partisan

Putih : Jujur dan Independen

Hitam : Integritas dan Kemandirian

Merah : Berani dan Semangat

Dengan demikian secara keseluruhan menjadi simbolisasi dari :

Pemilihan Kepala Daerah Bitung 2020 adalah Pemilu yang Netral dan Independen, penuh Kejujuran dan Berintegritas, serta berlangsung secara mandiri dan membawa kegembiraan.